Permohonan ISBN

PROSEDUR PENERBITAN ISBN

Informasi Umum

ISBN (International Standard Book Number) adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik. Informasi tentang judul, penerbit, dan kelompok penerbit tercakup dalam ISBN. ISBN terdiri dari deretan angka 13 digit, sebagai pemberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit. Oleh karena itu satu nomor ISBN untuk satu buku akan berbeda dengan nomor ISBN untuk buku yang lain.

ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yan berkedudukan di London. Di Indonesia, Perpustakaan Nasional RI merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah Indonesia. Perpustakaan Naasional RI mempunyai fungsi memberikan informasi, bimbingan dan penerapan pencantuman ISBN serta KDT (Katalog Dalam Terbitan). KDT merupakan deskripsi bibliografis yang dihasilkan dari pengolahan data yang diberikan penerbit untuk dicantumkan di halaman balik judul sebagai kelengkapan penerbit.

Persyaratan permohonan ISBN, KDT dan barcode

Mengirimkan atau melampirkan fotokopi / file yang terdiri dari :

  1. Halaman Judul   : halaman judul harus mencantumkan judul buku; pengarang; dan penerbit (lihat halaman judul disini)
  2. Halaman Balik Judul : harus mencantumkan identitas buku yaitu judul buku; pengarang/penanggung jawab; tim redaksi (desain cover, editor, penerjemah, dll); penerbit; tahun terbit; ISBN; deskripsi fisik (ukuran) buku (lihat halaman balik judul disini)
  3. Kata Pengantar (lihat disini)
  4. Daftar Isi (lihat disini)
  5. Point 1, 2, 3, dan 4 dijadikan dalam satu file (tidak dipisah-pisah) disimpan dalam format .doc atau .docx (Ms. Word) dan dikirim via email ke [email protected] dengan subject “Permohonan ISBN” maksimal file yang dapat diupload yaitu < 2MB
  6. Pemohon wajib memenuhi persyaratan sebagaimana tersebut di atas agar permohonan ISBN dapat segera diproses. File yang tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana tersebut di atas maka akan dikembalikan dan tidak dapat diproses.
  7. Setelah nomor ISBN terbit maka pemohon wajib menyerahkan hasil karyanya sebagai koleksi deposit sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Pencantuman ISBN

ISBN ditulis dengan huruf cetak yang jelas dan mudah dibaca. Singkatan ISBN ditulis dengan huruf besar mendahului penulisan angka pengenal kelompok, pengenal penerbit, pengenal judul dan angka pemeriksa. Penulisan antara setiap bagian pengenal dibatasi oleh tanda penghubung, seperti contoh berikut:

ISBN 978-602-8519-93-9

Untuk terbitan cetak, ISBN dicantumkan pada:

  1. Bagian bawah pada sampul belakang (back cover)
  2. Verso (dibalik halaman judul) (halaman copyright)
  3. Punggung buku (spine) untuk buku tebal , bila keadaan memungkinkan

Permohonan ISBN/ISSN hanya dapat diproses apabila pemohon telah melengkapi persyaratan sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. (lebih jelas lihat disini)

Apabila dokumen persyaratan telah lengkap, pemohon dapat mengirimkan berkas via email ke [email protected] dengan subjet “Permohonan ISBN/ISSN” atau datang langsung ke Badan Penerbitan Universitas Widyagama Malang yang berada di Perpustakaan Pusat Kampus II UWG.

*Setelah No. ISBN terbit pastikan bahwa Anda telah menyerahkan koleksi deposit agar dapat mengajukan ISBN untuk karya berikutnya. Ketentuan koleksi deposit dapat dilihat disini