Permohonan ISSN

PROSEDUR PENERBITAN ISSN

Persyaratan pengajuan ISSN

  • Pengajuan untuk terbitan regular (terbitan dalam format cetak) maupun elektronik (terbitan elektronik).
    Kategori terbitan berkala adalah majalah, surat kabar, buletin, buku tahunan, laporan tahunan, jurnal maupun prosiding aneka pertemuan ilmiah.
  • Terbitan memenuhi syarat kelengkapan minimum :
    • Surat permohonan tertulis secara resmi dari penanggung jawab terbitan berkala suatu lembaga/organisasi berbadan hukum (berkop surat dan stempel lembaga/organisasi dan bukan surat dari pimpinan redaksi). Surat permohonan ditujukan kepada Kepala PDII-LIPI.
    • Halaman sampul depan terbitan berkala lengkap dengan judul (termasuk anak judul) terbitan, penulisan volume, nomor, dan tahun terbit, serta nama organisasi/lembaga penerbit.
    • Halaman daftar isi.
    • Halaman daftar Dewan Redaksi.
    • Masing masing file maksimal berukuran 1MB
  • Biaya administrasi pengurusan nomor ISSN.
  • Seluruh dokumen disiapkan dalam bentuk data elektronik dengan format PDF. Untuk media elektronik bisa digantikan dengan tampilan situs yang memuat informasi terkait.
  • Setiap nomor ISSN hanya diperuntukkan bagi 1 (satu) judul terbitan pada satu media. Nomor ISSN yang sama terus berlaku selama judul dan atau anak judul terbitan serta medianya tidak berubah.
  • Terbitan yang diterbitkan pada beberapa media berbeda (misal : cetak dan elektronik) wajib mengajukan ISSN untuk setiap media

INFORMASI TAMBAHAN:
Kewajiban pengelola/penerbit jurnal antara lain, yaitu :

  1. Mencantumkan ISSN di Pojok kanan atas pada halaman kulit muka, halaman judul, dan halaman daftar isi terbitan di atas dengan diawali tulisan ISSN
  2. Mencantumkan barcode ISSN di pojok kanan bawah pada halaman kulit belakang terbitan ilmiah, sedangkan untuk terbitan hiburan/populer di pojok kiri bawah pada halaman kulit muka.
  3. Mengirimkan terbitan minimal 2 (dua) eksemplar setiap kali terbit ke PDII-LIPI untuk di dokumentasikan, agar dapat dikelola dan diakses melalui Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), khususnya untuk terbitan ilmiah.
  4. Untuk terbitan ilmiah online, mengirimkan berkas digital atau softcopy dalam format PDF dalam CD maupun terbitan dalam bentuk cetak. Softcopy dapat dikirim melalui email: [email protected]
  5. Apabila judul terbitan diganti, harus segera mendaftarkan kembali judul terbitan tersebut dan melaporkan ke PDII-LIPI untuk mendapatkan ISSN Baru
  6. Nomor untuk terbitan cetak tidak dapat digunakan untuk terbitan online, demikian pula sebaliknya. Kedua media terbitan tersebut harus didaftarkan nomor ISSN nya secara terpisah.
  7. Nomor ISSN mulai berlaku sejak tanggal, bulan, dan tahun diberikannya nomor tersebut dan tidak berlaku mundur. Penerbit atau pengelola terbitan berkala tidak berhak mencantumkan nomor ISSN yang dimaksud pada terbitan terdahulu.

Permohonan ISBN/ISSN hanya dapat diproses apabila pemohon telah melengkapi persyaratan sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. (lebih jelas lihat disini)

Apabila dokumen persyaratan telah lengkap, pemohon dapat mengirimkan berkas via email ke [email protected] dengan subjet “Permohonan ISBN/ISSN” atau datang langsung ke Badan Penerbitan Universitas Widyagama Malang yang berada di Perpustakaan Pusat Kampus II UWG.